Praktikum Fisika secara “DARING”? Siapa Takut!

Kondisi pandemi COVID-19 ini memaksa lembaga pendidikan “sekolah” untuk menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Pembelajaran jarak jauh berarti proses belajar siswa berlangsung di rumah masing-masing. Proses belajar dari rumah dilaksanakan dengan memperhatikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa, tanpa terbebani tuntutan menuntaskan seluruh capaian kurikulum untuk kenaikan kelas, serta aktivitas dan tugas pembelajaran dari rumah disesuaikan dengan minat dan kondisi masing-masing siswa.

Pembelajaran Fisika pun harus menyesuaikan dengan kondisi pandemi COVID-19 ini. Pembelajaran Fisika berbasis praktikum pun harus tetap dilaksanakan. Mengapa harus praktikum? Praktikum dapat memvisualisasikan konsep fisika, melatihkan kerja ilmiah dan keterampilan proses sains siswa.

Ada berbagai kelemahan pembelajaran Fisika secara praktikum pada kondisi pandemi COVID-19 ini diantaranya tidak mengembangkan keterampilan psikomotorik siswa, keterbatasan emosional antara guru dan siswa serta lebih sulit dalam mencapai pemahaman konsep. Untuk “menutupi” kelemahan pembelajaran Fisika secara praktikum ini perlu adanya praktikum alternatif. Praktikum alternatif pada masa pandemi COVID-19 ini diantaranya laboratorium maya (virtual lab), laboratorium berprotokol COVID-19, peragaan oleh guru, penayangan video dan praktikum siswa dari rumah.

Salah satu praktikum alternatif yang dapat digunakan adalah laboratorium maya (virtual lab). Ada berbagai macam laboratorium maya yang mudah diakses oleh guru dan siswa. Salah satu laboratorium maya adalah aplikasi simulasi interaktif pHet (https://phet.colorado.edu/). Simulasi interaktif pHet merupakan media simulasi interaktif yang menyenangkan dan berbasis penemuan yang berupa software dan dapat digunakan untuk memperjelaskan konsep-konsep fisis atau fenomena fisika. Dengan praktikum alternatif menggunakan pHet, diharapkan siswa mampu dapat memahami konsep fisika meskipun hanya belajar dari rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *