PJJ-Ku Seru

Selamat datang di laman resmi SMK Negeri 1 Kota Sukabumi!

Perkenalkan, saya Nita Solina, S.Pd., salah satu guru Bahasa Indonesia di sekolah ini. Saya ingin berbagi keseruan saya melaksanakan PJJ bersama peserta didik yang luar biasa. Seseru apa sih PJJ Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMK Negeri 1 Kota Sukabumi? Yuk, kita cari tahu!

Jumat, 16 Oktober 2020 saya melaksanakan PJJ di kelas X DPIB 1. Bagi kalian yang belum tahu, DPIB adalah jurusan Desain Pemodelan Informasi Bangunan. Jika kalian bertanya, mengapa mereka tetap belajar Bahasa Indonesia? Jawabannya adalah lulusan SMK diharapkan langsung “terjun” di dunia kerja. Melalui pembelajaran Bahasa Indonesia diharapkan dapat membantu peserta didik untuk: 1) menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, baik secara lisan maupun tertulis; 2) membuat laporan pekerjaan dengan mengacu pada bahasa yang baik dan benar melalui pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi; 3) mendapatkan informasi dan pengetahuan baru yang berkaitan dengan bidang pekerjaan melalui pembelajaran menulis teks eksposisi; 5) mengetahui cara menyampaikan kritik sosial melalui humor melalui pembelajaran menulis teks anekdot; dan 6) menanamkan nilai-nilai agama, moral, sosial, budaya, pendidikan, dan estetika melalui cerita rakyat (hikayat) pada kehidupan sehari-hari.

PJJ pada Jumat, 16 Oktober 2020 menekankan pada KD 4.4 Mengonstruksi teks eksposisi yang berkaitan dengan bidang pekerjaan dengan memerhatikan isi, struktur, dan kebahasaan dengan model Problem Based Learning melalui Google Meet untuk menumbuhkan sikap cermat, jujur, disiplin, proaktif, kerja sama, dan responsif. Berikut langkah-langkah pembelajaran yang dilaksanakan.

Kegiatan Pendahuluan

Kegiatan pendahuluan dilakukan dengan berdoa yang dipimpin oleh ketua kelas, mengondisikan peserta didik dengan menyuarakan yel-yel SMK, mengecek kehadiran, apersepsi dengan kegiatan menghubungkan materi pada pertemuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari, menyampaikan manfaat pembelajaran menulis teks eksposisi melalui kegiatan tanya jawab, guru menyampaikan tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, dan teknik penilaian yang akan dilaksanakan.

Gambar 1
Kegiatan Pendahuluan
Sumber: Google Meet dengan editing

Kegiatan Inti

Kegiatan inti dilakukan sesuai langkah-langkah pembelajaran yang telah disusun, yaitu sebagai berikut.

1. Orientasi peserta didik terhadap masalah

Peserta didik diberi motivasi untuk memusatkan perhatian pada masalah menyusun teks eksposisi dengan cara mengamati LKPD, salindia, dan tayangan video motivasi berkaitan dengan bidang pekerjaan dari Merry Riana dan video langkah-langkah menulis teks eksposisi yang dapat peserta didik akses melalui Youtube.

2. Mengorganisasikan peserta didik

Peserta didik dengan arahan guru membagi peran untuk mencari sumber yang diperlukan dalam menyelesaikan masalah di dalam kelompoknya.

3. Membimbing penyelidikan individu dan kelompok

Peserta didik secara berkelompok melakukan penyelidikan dan bimbingan rekan sejawat dengan cara mencari sumber yang relevan sebagai bahan diskusi kelompok dalam menyelesaikan masalah dan guru memfasilitasi kegiatan diskusi dengan cara ikut serta dalam group Whatsapp.

4. Mengembangkan dan menyajikan hasil karya

Peserta didik secara berkelompok berdiskusi, menyimpulkan, dan mempresentasikan hasil diskusi tentang merumuskan topik, mengembangkan isi, dan menyusun teks eksposisi dengan memerhatikan isi, struktur, dan kebahasaan dengan proaktif dan responsif.

5. Menganalisis dan mengevaluasi

Peserta didik dan guru memberikan tanggapan atas presentasi yang dilakukan dengan jujur, proaktif, dan responsif. Setelah itu, peserta didik merevisi hasil tulisannya berdasarkan tanggapan dari teman dan guru lalu mengunggahnya di Google Classroom.

Gambar 2
Kegiatan Inti
Sumber: Google Meet dengan editing

Kegiatan Penutup

Kegiatan penutup dilakukan dengan cara peserta didik beserta guru menyimpulkan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan, melakukan refleksi dan evaluasi dengan jujur, menginformasikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya, dan ditutup dengan berdoa.

Gambar 3
Kegiatan Penutup
Sumber: Google Meet dengan editing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *